Triple Helix Seminar: INDONESIA-SWEDEN PERSPECTIVES


Sebagai tindak lanjut kerjasama yg telah terjalin antara Indonesia-Swedia, pada tanggal 24 Mei 2017 diselenggarakan Seminar Triple Helix dengan tema “Indonesia – Sweden Perspectives” yang diadakan di Aula Barat ITB, Bandung. Seminar ini bertujuan untuk meningkatkan sinergi antara Pemerintah, Akademisi dan Industri, baik dari Indonesia maupun Swedia.

Sesi pertama pada seminar ini membicarakan mengenai Science Parks yang merupakan tempat pertemuan dari skema Triple Helix dan sarana bagi kerjasama antara Indonesia dan Swedia. Sesi ini menghadirkan perwakilan dari Indonesia yaitu Intan Ahmad (Kementerian Ristekdikti), Bambang Brodjonegoro (Kepala Bappenas) dan Satryo Soemantri Brodjonegoro (Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia – AIPI) yang memaparkan mengenai konsep Science Park yang telah dan terus diterapkan di Indonesia. Perwakilan dari Swedia yaitu Sven-Thore Holm (Co-founder dari IDEON Science Park), Marie Löwegren (Direktur Sten K. Johnson Centre of Entrepreunership, Lund Unversity) memaparkan konsep Science Park di Swedia yang berlokasi dekat dengan universitas dan didukung dengan infrastruktur dan instrument riset yang baik.

 

Acara dilanjutkan dengan sesi diskusi dimana pada tiap round table diisi oleh peserta yang mewakili pihak pemerintah, akademisi dan industri. Terdapat tiga pertanyaan pada diskusi tersebut, yaitu Bagaimana perusahaan Swedia dapat berperan dalam Science Park di Indonesia dan apa keuntungan bagi mereka, Bagaimana kompetensi Swedia dapat berperan dalam perekonomian Indonesia dan Apakah skema Triple Helix dapat diterapkan di Indonesia.

Sesi kedua dari seminar ini diawali dengan Keynote Speech dari Viktor Öwall (Rektor LTH, Lund University), Anna Johansson (Menteri Infrastruktur Swedia), Ulf Ewaldsson (SVP Ericsson) yang memaparkan mengenai bagaimana Swedia mengembangkan perekonomiannya dengan skema Triple Helix.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan MoU antara Kementerian Ristekdikti dan Lund University, juga antara ITB dan Ericsson yang juga disaksikan oleh Raja dan Ratu Swedia yang didampingi oleh Walikota Bandung, Ridwan Kamil. Acara seminar in pun ditutup oleh Rektor ITB, Kadarsah Suryadi dengan harapan bahwa seminar ini dapat menjadi awal kerjasama yang akan terus berkembang dengan baik dan memberi keuntungan bagi masing-masing negara.