Berdayakan Lahan Gambut, Pusat Teknologi Bioindustri (PTB-BPPT) Lakukan Alih Teknologi BioPeat kepada PT. Riau Sakti United Plantations (PT. RSUP)


Dalam rangka menindaklanjuti kerjasama antara Pusat Teknologi Bioindustri dengan PT. Riau Sakti United Plantations (PT. RSUP), maka pada tanggal 27-29 April 2016 telah dilakukan kegiatan “Alih Teknologi Produksi Mikrob Gambut (BioPeat) di LAPTIAB PUSPIPTEK Serpong, Tangerang Selatan. Pelatihan ini diikuti oleh 4 orang peserta dari PT. RSUP dan didukung oleh instruktur dari Tim Pupuk Hayati PTB yang memberikan materi teori maupun praktek.

 

 

Deputi Kepala BPPT Bidang TAB, Dr. Eng Eniya Listiani Dewi, B.Eng, M.Eng yang hadir pada saat penutupan memberikan arahan agar kerjasama ini dapat terus berlanjut dan diperluas dengan kegiatan lain dengan melibatkan unit kerja yang ada di Kedeputian Bidang Teknologi Agroindustri dan Bioteknologi (TAB). Hal ini sejalan dengan harapan Direktur PTB, Ir. Edi Wahjono, M.Si yang mengatakan bahwa kedepannya kerjasama ini akan diperluas lingkup kegiatannya dengan melibatkan unit kerja terkait di BPPT dan lembaga/institusi terkait lainnya seperti Badan Restorasi Gambut (BRG) dan Pemda setempat. Tay Ciatung selaku Direktur PT. RSUP yang juga hadir pada acara tersebut, menyampaikan ucapan terima kasih atas kerjasama dan dukungan teknologi yang diberikan oleh BPPT sejak tahun 2010 sampai sekarang. Diharapkan teknologi Biopeat ini dapat membantu masyarakat untuk mengolah lahan gambut tanpa pembakaran, tegasnya.

 

 

Pada akhir pelaksanaan kegiatan alih teknologi ini, juga dilakukan penandatanganan Berita Acara Alih Teknologi Mikrob Gambut (BioPeat) yang dilakukan oleh Ir. Edi Wahjono, M.Si dan Tay Ciatung dengan disaksikan oleh Deputi Kepala BPPT Bidang TAB. Kegiatan pelatihan ini diakhiri dengan penyerahan sertifikat kepada para peserta dan foto bersama.