BPPT DAN ZHEJIANG UNIVERSITY BAHAS BERSAMA PELAKSANAAN PROGRAM JOINT LAB ON BIOTECHNOLOGY di Hangzhou, 20 – 22 Juni 2018


      Untuk mendukung implementasi kerjasama Joint Lab on Biotechnology, maka BPPT dan Zhejiang University (ZJU) mengadakan pertemuan untuk membahas kegiatan prioritas yang akan diusulkan dan dilaksanakan oleh kedua pihak dalam rangka mengisi program Joint Lab on Biotechnology yang telah di-launching oleh Menristekdikti dan wakil PM China pada tanggal 27 November 2018. Pertemuan berlangsung pada tanggal 20 Juni 2018 dan beberapa topik penting seperti enzim, biofertilizer, biopestisida dan produk kesehatan (herbal) menjadi pembicaraan dan diskusi bersama dalam rangka  harmonisasi program.

      Selain itu, tim BPPT dan ZJU juga berkesempatan melakukan pertemuan dengan mitra industri China, Zhejiang Conba Pharmaceutical Co. Ltd. (21 Juni 2018 di Hangzhou) dan Zhejiang Yonta Technology Co. Ltd (22 Juni 2018 di Shanghai). Zhejiang Conba Pharmaceutical Co. Ltd fokus untuk mengembangkan obat herbal dan pasarnya di Indonesia. Sementara itu, Zhejiang Yonta Technology Co. Ltd tertarik melakukan investasi untuk produksi pestisida dan biopestisida di Indonesia. BPPT dan ZJU sepakat bahwa hasil-hasil kegiatan joint lab baik melalui transfer teknologi dan joint research akan didorong untuk mendukung hilirisasi dan pengembangan industri/komersialisasi di Indonesia dengan melibatkan mitra industri dari China dan Indonesia. Hadir dalam pertemuan tersebut antara lain Edi Wahjono (Direktur Pusat Teknologi Bioindustri), Rofiq Sunaryanto (KP Teknologi Pupuk dan Pestisida Hayati) dan Niknik Nurhayati (KP Teknologi Biokatalis).