BPPT PROMOSIKAN PROTEASE (PETROZYME 01) KE INDUSTRI/PENGRAJIN KULIT DI KABUPATEN GARUT


BPPT bekerjasama dengan PT. Petrosida Gresik telah membangun unit produksi enzim dengan Petrozyme 01 (protease) sebagai produk enzim pertama yang diproduksi secara komersial. Petrozyme 01 digunakan untuk aplikasi di industri penyamakan kulit. Saat ini Petrozyme 01 telah digunakan di industri penyamakan kulit PT. Rajawali Tanjungsari di Sidoarjo.

Dalam Rangka Koordinasi Kerja Sama Pengembangan Produk BioALA & Enzim, BPPT Lakukan Kunjungan Kerja ke PT. Petrokimia Gresik


Pada tanggal 16 Agustus 2018 telah dilakukan kunjungan kerja dalam rangka koordinasi kerjasama untuk pengembangan produk BioALA  antara BPPT dengan PT.Petrokimia Gresik. Dalam koordinasi kerjasama ini hadir Deputi Kepala Bidang TAB BPPT Dr. Ir. Soni Solistia Wirawan, M.Eng yang didampingi Direktur Pusat Teknologi Bioindustri BPPT Dr. Asep Riswoko, B.Eng, M.Eng serta Kepala Program Pupuk dan Pestisida Hayati Dr. Rofiq Sunaryanto, M.Si dan  Insinyur Kepala Program Pupuk dan Pestisida Hayati Dra. Diana Nurani, M.Si. Dari pihak PT.Petrokimia Gresik hadir Direktur Teknik dan Pengembangan Bapak Ir. Arif Fauzan, MT yang didampingi General Manager Riset Ir. Iwan Dhaniyarso, M. Agribus beserta jajarannya.

Dalam rapat koordinasi kerjasama ini disampaikan oleh Deputi Kepala Bidang TAB perlunya sinergsitas antara lembaga litbang pemerintah seperti BPPT dengan mitra industri baik dari swasta maupun BUMN. Beberapa kegiatan BPPT yang telah mencapai level L.1 wajib bermitra  dengan pihak industri dalam rangka aplikasi hasil-hasil kajian yang telah dilakukan sehingga dapat berdampak secara nasional. Disampaikan juga oleh Direktur Teknik dan Pengembangan Bapak Ir. Arif Fauzan,MT, bahwa PT.Petrokimia Gresik tetap akan menjaga komitmen dalam ranga pengembangan produk BioALA.

Pengembangan produk baru harus selalu berorientasi kepada potensi pasar dan  selalu memperhatikan kompetitor untuk menilai keberhasilan pengembangan produk. Kerjasama pengembangan produk BioALA yang merupakan zat pemacu klorofil (5-Asam Aminolevulinat) untuk pertanian hortikultura antara BPPT dengan PT.Petrokimia Gresik telah dilakukan sejak tahun 2017.  Saat ini telah dilakukan uji aplikasi dalam pada tanaman padi, timun jepang, dan sawi.

 

Page 1 of 15